SHINee – Lyrics + Translation

Lirik lagu SHINee – Melody

Kanji, Romaji, English, and Indonesia translate

cover

credit: K2NBLOG

SHINee (シャイニー) – Melody Lyrics 歌詞

アルバム/ Album: Winter Wonderland

作曲/ Lyricist: Hidenori Tanaka

作曲/ Composer: Erik Lidbom・TAKAROT

発売日/ Release date: 2016/12/21

Language: Japanese

 

 

離さない  その誓い  守らせてはくれずに

Hanasanai sono chikai mamorasete wa kurezuni

(I never release it, that promise, even you never asked me to keep it)

(Takkan kulepas, janji itu, meskipun kau tak memintaku menjaganya)

君はもう  ここには  戻って来ない  Missin’ you

Kimi wa mou koko ni wa modottekonai missin’ you

(You never be my side again, missin’ you)

(Kini engkau tak kembali di sisiku, dan aku mulai merindukanmu)

一人に慣れたはずなのに  寂しさに押しつぶされそう

Hitori ni nareta hazu nanoni sabishisani oshitsubusaresou

(Although I used to be alone, it seen destroyed by loneliness)

(Padahal harusnya aku sudah terbiasa sendiri, nampak dihancurkan oleh kesepian)

孤独に響く  Sound of my heart

Kodoku ni hibiku sound of my heart

(Sound of my heart echos in solitude)

(Suara hatiku menggema dalam kesendirian)

Tonight  君は何処で誰を想う?

Tonight kimi wa doko de dare wo omou?

(Where are you tonight? Who do you think about?)

(Malam ini kau di mana? Siapa yang kau pikirkan?)

星空の下で  僕は変わらず君を想う

Hoshizora no shita de boku wa kawarazu kimi wo omou

(Under the sky full of stars, I used to be think about you)

(Di bawah langit berbintang, seperti biasanya ku tetap memikirkanmu)

 

言葉じゃ足りない  そんな時

Kotoba ja tarinai sonna toki

(Words never enough, at that time)

(Kata-kata saja tak cukup, pada waktu itu)

浮かんだメロディ  口ずさんで

Ukanda merodi kuchizusande

(The melody I sang drifted lost)

(Kunyanyikan pula melodi yang melayang lenyap)

まだ僕は  あの日と同じ様に

Mada boku wa ano hi to onaji youni

(I still who I was)

(Diriku masih saja sama seperti hari itu)

I keep waiting for you…  (Keep waiting for you…)

(Aku tetap menunggumu…) (Tetap menunggumu…)

I keep waiting for you…  (Keep waiting for you…)

(Aku tetap menunggumu…) (Tetap menunggumu…)

君は来ない  分かってるのに

Kimi wa konai wakatteru noni

(Even I knew you never come back)

(Padahal aku tahu kau takkan kembali)

 

 

眠れない  夜を一つ  乗り越えてもまた

Nemurenai yoru wo hitotsu norikoetemo mata

(Something teases me again till I wake up)

(Sesuatu kembali mengusikku hingga membuatku terjaga)

終わらない  痛みが  胸を締め付ける

Owaranai itami ga mune wo shimetsukeru

(That unstoppable pain has been stabbing in my heart)

(Rasa sakit tiada henti yang terus menghujam kuat di dalam dada)

他の誰かじゃ埋められない  隙間に詰めた思い出は

Hokano dareka ja umerarenai sukima ni tsumeta omoide wa

(Your existence irreplaceable for the memories fulfill solitude in my heart)

(Kehadiranmu tak dapat tergantikan karna kenangan yang mengisi kekosongan hatiku)

今も色褪せないまま

Ima mo iroasenai mama

(That memories never fade away till now)

(Hingga kini kenangan itu takkan pernah memudar)

Tonight  君は何処で誰を想う?

Tonight kimi wa doko de dare wo omou?

(Where are you tonight? Who do you think about?)

(Malam ini kau di mana? Siapa yang kau pikirkan?)

星空の下で  僕は変わらず君を想う

Hoshizora no shita de boku wa kawarazu kimi wo omou

(Under the sky full of stars, I used to be think about you)

(Di bawah langit berbintang, seperti biasanya ku tetap memikirkanmu)

 

言葉じゃ足りない  そんな時

Kotoba ja tarinai sonna toki

(Words never enough, at that time)

(Kata-kata saja tak cukup, pada waktu itu)

浮かんだメロディ  口ずさんで

Ukanda merodi kuchizusande

(The melody I sang drifted lost)

(Kunyanyikan pula melodi yang melayang lenyap)

まだ僕は  あの日と同じ様に

Mada boku wa ano hi to onaji youni

(I still who I was)

(Diriku masih saja sama seperti hari itu)

I keep waiting for you…  (Keep waiting for you…)

(Aku tetap menunggumu…) (Tetap menunggumu…)

I keep waiting for you…  (Keep waiting for you…)

(Aku tetap menunggumu…) (Tetap menunggumu…)

君は来ない  分かってるのに

Kimi wa konai wakatteru noni

(Even I knew you never come back)

(Padahal aku tahu kau takkan kembali)

 

季節はもう巡るけど  Yeah

Kisetsu wa mou megurukedo yeah

(Meskipun musim telah bergulir)

Even the seasons have took turn

僕だけを取り残して

Boku dake wo torinokoshite

(Hanya diriku yang tak beranjak)

Only me who never move

君を探す  あても無く君を探す。。。

Kimi wo sagasu atemo naku kimi wo sagasu…

(Ku mencarimu tanpa arah, ku mencarimu…)

I have been looking for you without direction, I have been looking for you…

 

 

言葉じゃ足りない  そんな時

Kotoba ja tarinai sonna toki

(Words never enough, at that time)

(Kata-kata saja tak cukup, pada waktu itu)

浮かんだメロディ  口ずさんで

Ukanda merodi kuchizusande

(The melody I sang drifted lost)

(Kunyanyikan pula melodi yang melayang lenyap)

まだ僕は  あの日と同じ様に

Mada boku wa ano hi to onaji youni

(I still who I was)

(Diriku masih saja sama seperti hari itu)

I keep waiting for you…  (Keep waiting for you…)

(Aku tetap menunggumu…) (Tetap menunggumu…)

I keep waiting for you…  (Keep waiting for you…)

(Aku tetap menunggumu…) (Tetap menunggumu…)

君は来ない  分かってるのに

Kimi wa konai wakatteru noni

(Even I knew you never come back)

(Padahal aku tahu kau takkan kembali)

 

I keep waiting for you…

(Aku tetap menunggumu…)

 

owowow……duh..lagunya emang baper banget yaah…ehm, sebenernya bertolak belakang bingit sama lagu shinee yang satunya -winter wonderland- yang menyanyikan harapan agar cinta mereka awet tapi melody justru kayak bilang si cowok ini gagal move on/? dari si cewek T.T

terjemahan ini mungkin masih aneh dan berantakan, untuk itu saya minta kritik dan sarannya ya readers berhubung saya masih pemula, hihi

 

Credit Lyrics: iLyrics Buzz

Romaji : Wahyu Yoshinoyuki

Indonesia Translate: Wahyu Yoshinoyuki

English Translate: Natali Murazaki

 

2017©

Iklan

F.T Island – EMPTINESS Lyrics + Translation

ftisland_justdoit_p

Cr: www. i-ftxpri.com

Lirik Lagu Emptiness – F.T. Island

Kanji, Romaji, English, and Indonesia translate

 

君といた夏が過ぎて

Kimi to ita natsu ga sugite

(The summer I spend with you had gone)

(Musim panas yang kuhabiskan bersamamu telah berlalu)

君のいない秋が来る

Kimi no inai natsu ga kuru

(Then the autumn came without you)

(Kemudian musim gugur tanpamu pun datang)

浮かんで消える

Ukande kieru

(It was fly and so fade away)

(Melayang lantas menghilang)

あの花火のように

Ano hanabi no youni

(Like that firework)

(Seperti kembang api itu)

 

望んだものは自由で

Nozonda mono wa jiyuu de

(Which something I was wishing in my freedom)

(Suatu hal yang kuharapkan dalam kebebasan)

手にしたものは孤独で

Te ni shita mono wa kodoku de

(Something that I have having in my loneliness)

(Sesuatu yang kumiliki dalam kesendirian)

身勝手過ぎる、って

Migatte sugiru, tte

(Maybe it is too selfish)

(Mungkin hal tersebut terlalu egois)

わかっていても

Wakatteitemo

(In spite of I understand)

(Meskipun aku mengerti)

狂おしく胸が痛む

Kuruoshiku mune ga itamu

(My broken heart is going crazy)

(Kesakitan hatiku menggila)

 

戻らない、と知りながら

Modoranai, toshirinagara

(Whereas I realized it never back again)

(Padahal kusadari takkan kembali)

いまもまだ、それでも

Ima mo mada, soredemo  

(Even it so, it still there until now)

(Meski begitu, masih saja hingga kini)

待ち続けてるんだ

Machi tsudzukerunda

(I still waiting for it)

(Aku terus menunggu)

 

このままじゃ

Kono mama ja

(If I continue it)

(Apabila kuteruskan)

やがて来る冬の中で

Yagate kuru fuyu no naka de

(The middle of winter sooner or later will come)

(Pertengahan musim dingin kan segera datang)

凍えてしまい

Kogoete shimai

(And it will frozen)

(Dan akan membeku)

春は来ない…ずっと

Haru wa konai…zutto

(The spring will never come… Forever)

(Musim semi pun takkan datang…selamanya)

 

君をなくして初めて

Kimi wo nakushite hajimete  

(It happened when you were gone)

(Sejak kamu menghilang, itulah pertama kali)

ぬくもりの意味を知った

Nukumori no imi wo shitta

(I understood the meaning of the warmth)

(Aku mengerti artinya kehangatan)

生きるつらさを

Ikiru tsurasa wo

(The bitterness in my life)

(Kepahitan dalam hidupku)

忘れさせてるんだ

Wasuresaseterunda 

(You made me forget it)

(Kau bisa membuatku melupakannya)

 

君の時計は、あれから

Kimi no tokei wa, are kara

(And your watch, from it) 

(Dan jam milikmu, dari situlah)

針を進めてるのかな 当たり前でしょって

Hari wo susumeteru no kana, atari mae desho tte

(Will the hand of clock always sew, of course you said)

(Akankah jarumnya senantiasa berputar, tentu saja kan katamu)

笑い飛ばすんだ

Warai tobasunda

(As you was smiling at him)

(Sembari melempar senyum)

誰かの隣で、きっと

Dareka no tonari de, kitto

(Someone besides you, you will treat them like that, exactly) 

(Seseorang yang berada di sampingmu akan kau perlakukan begitu, pasti)

 

いつまでも

Itsumademo

(Forever)

(Selamanya)

忘れないよ、そうぼくは

Wasurenaiyo, sou boku wa

(I never forget it, of course myself)

(Takkan pernah kulupakan, tentu diriku)

確かに、愛していたんだ

Tashika ni, aishiteitanda 

(It goes without saying that I love you so much)

(Tak salah lagi, aku begitu mencintaimu)

離せない

Hanasenai

(I never let you)

(Takkan kulepas)

空っぽの腕の中で

Karappo no ude no naka de

(In my arms, I feel the emptiness)

(Dalam lenganku yang terasa kosong)

決して消えない

Keshite kienai

(It never dissapeared)

(Tak dapat terhapus)

想い出を抱いて

Omoide wo daite

(I always keep that feeling)

(Selalu kujaga perasaan itu)

 

戻らない、と知りながら

Modoranai, toshirinagara

(Whereas I realized it never back again)

(Padahal kusadari takkan kembali)

いまもまだ、それでも

Ima mo mada, soredemo  

(Even it so, it still there until now)

(Meski begitu, masih saja hingga kini)

待ち続けてるんだ

Machi tsudzukerunda

(I still waiting for it)

(Aku terus menunggu)

 

このままじゃ

Kono mama ja

(If I continue it)

(Apabila kuteruskan)

やがて来る冬の中で

Yagate kuru fuyu no naka de

(The middle of winter sooner or later will come)

(Pertengahan musim dingin kan segera datang)

凍えてしまい

Kogoete shimai

(And it will frozen)

(Dan akan membeku)

春は来ない…ずっと

Haru wa konai…zutto

(The spring will never come… Forever)

(Musim semi pun takkan datang…selamanya)

 

 

2016© Romaji and Indonesia translate original by Wahyu Yoshinoyuki^^

English translate by Natali Murazaki

 

Err…sebenarnya saya nggak ada niatan untuk menerjemahkan lagu F.T Island ini awalnya, tahu rilispun tidak. Namun karena suatu hari saya dimintai tolong teman untuk meromajikan huruf kananya, sekalian aja deh diterjemahin meski awalnya iseng. Dan karena merasa lirik lagu dan terjemahannya kurang pas, barulah saya mendownload lagu Emptiness ini dan menerjemahkannya lebih serius lagi meskipun hasilnya nggak sempurna-sempurna banget. Untuk itulah saya juga meminta kritik dan saran untuk terjemahan saya ini ya, hehe.

Ehm..untuk lagunya sendiri, menurut saya mengisahkan orang yang cintanya bertepuk sebelah tangan? haha, engga tahu pasti sih, tanyakan sajalah pada Minan *plakk

Yoroshiku onegaishimasu~^^

 

Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah, Haruskah Percaya?

11401443_121377754859975_7144456000361307258_n

Cr: facebook.com/Fakta Golongan Darah A, B, O ,AB

Minasan pasti sering mendengar tentang “Fakta Golongan Darah” bukan? Tentu saja, promosi melalui media sosial maupun dalam media cetak sebagai buku yang tergolong best seller membuat kita tak asing lagi dengan istilah itu. Apalagi digambarkan sebagai tokoh komik yang lucu dan membuat kita mudah mengingatnya. Ehm, pertanyaannya, mengapa saya mengangkat hal tersebut sebagai celoteh kali ini? Tak lain dan tak bukan karena dampak yang ditimbulkan akibat kepopuleran si “Ketsueki-gata” yang tentunya tegolong kurang baik.

Bayangkan saja, orang-orang jadi berpedoman bahwa karakternya ditentukan oleh golongan darahnya dan hal tersebut bersifat mutlak karena -katanya- protein-protein tertentu di dalam darah membangun semua sel di tubuh kita dan oleh karenanya menentukan psikologi kita. Tak jarang pula menyalahkan kepribadian yang dimilikinya -misal pemarah atau cengeng- karena golongan darahnya. Kepercayaan tidak berdasar ini bahkan mempengaruhi politik. Pada 2011, seorang menteri di Jepang, Ryu Matsumoto, dipaksa mengundurkan diri, ketika pernyataan keras dan kasarnya kepada pejabat lokal ditayangkan di televisi nasional. Dalam pidato pengunduran dirinya, ia menyalahkan sikapnya yang emosional itu pada kenyataan bahwa ia bergolongan darah B. Loh loh loh, kok aneh sih?

Yah…entah dunia sudah tua atau apa, Wallahualam. Saya memang suka dengan anime “Blood Type” karena pengemasannya lucu, saya pun memiliki keychain “Type A” untuk koleksi dan trend saja. Namun sayangnya, masyarakat luas masih menggemari hal-hal yang faktanya belum jelas dan amat mempercayainya, tapi sok-sok mengambil istilah dari sains, atau istilah kerennya biasa disebut pseudosains, perlu untuk disadarkan. Padahal bagaimana kalau sekali lagi ditilik dari kacamata ilmiah? Atau kacamata sosial? Cobalah minasan pikir baik-baik, apakah masih ingin percaya?

Sudah banyak studi ilmiah yang mempertegas kontradiksi ini. Misalnya, Kengo Nawata (2014) seorang psikolog sosial Jepang, menganalisis secara statistik kaitan antara golongan darah dan kepribadian pada 10.000 orang Jepang dan Amerika. Ia menemukan bahwa tidak ada relevansi antara golongan darah dan kepribadian seseorang. Studi di Australia (2003) juga sampai pada kesimpulan bahwa mengaitkan kepribadian seseorang dengan golongan darah tidak punya dasar yang valid.

Setelah membaca banyak artikel dan mengalami sendiri pengalaman nyata di lapangan -disemprot teman akrab, pemikiran saya mulai “tercerahkan” hingga membuahkan hasil bahwa golongan darah itu sama sekali TIDAK BISA mempengaruhi karakter seseorang. Kepribadian manusia dipengaruhi oleh kombinasi antara faktor gen, sirkuit otak, level hormon, dan pengaruh lingkungan, itu sudah jelas, bukannya karena golongan darah semata.

Sayangnya, kepercayaan ini sudah lama “menjangkit” beberapa negara tetangga seperti Jepang, Korea, dan Taiwan dan bahkan sudah menjadi bahan obrolan ringan, bahan candaan, yang ujung-ujungnya menjadi serius juga. Pun yang terjadi di Indonesia, bayangkan deh minasan jika itu terjadi sedemikian parahnya. Misal, orang bergolongan darah AB yang dicap “aneh, misterius, langka” pasti akan terisolasi dan didiskriminasi dari masyarakat sekitarnya karena memiliki pemikiran tersendiri misalkan hanya menabung jika ada proyek, sering ngaret karena gonta-ganti program acara, dan lain-lain. Tentu ini sangat disayangkan, apakah umum membeda-bedakan orang hanya karena golongan darahnya? Memangnya Pencipta yang di atas menciptakan makhluk-Nya demi tujuan seperti itu? Coba kita amati kedua tangan kita, lalu amati lagi kesepuluh jari kita, kemudian bandingkan dengan seseorang di samping minasan. Lihat, apakah sidik jari yang kita miliki sama dengan orang tersebut? No way! Allah memang mengatakan setiap makhluk itu sama derajatnya tapi apakah minasan tidak berpikir bahwa tiap makhluk tersebut juga istimewa? Allah juga mengatakan tiap makhluk-Nya juga memiliki rejeki, jodoh, dan kematian yang berbeda dengan individu yang lain kan? Masih ingin percaya dengan sifat seseorang dari komik golongan darah?

Tidak sengaja saya menonton sebuah drama Korea di sela waktu liburan saya. Mata saya melotot ketika sang aktor mulai marah-marah karena temannya bicara tentang ramalan dan sebagainya -pseudosains- ketika membaca koran.
“Bagaimana bisa seseorang berpikir itu akurat dengan mengategorikan itu semua dari enam miliar orang di Bumi, menjadi empat jenis darah sederhana? Jika kita asumsikan bahwa Korea memiliki 48 juta orang dibagi menjadi 12 tanda-tanda zodiak, berarti sekitar 4 juta orang berbagi tanda yang sama. Dan karena itu dibagi menjadi 5 tahun, sekitar 800.000 orang berbagi prediksi harian yang sama. Jadi setiap orang yang lahir pada tahun 1970 adalah di tahun anjing, yang mana semua dari mereka berbagi prediksi yang sama selamanya. Ini adalah contoh utama dari generalisasi yang berlebihan. Mengerti?” 

Well…pasti hidup kita bakalan bosen banget ya minasan jika kita benar-benar seperti itu?

Semoga bermanfaat! 😀

Sumber:
Zenius Education

Contoh Soal UAS Pancasila Unnes

Soal Ujian Akhir Semester Tahun 2014/2015

Pendidikan Pancasila

 

  1. Dalam perspektif historis, tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila
    a. Bagaimana pandangan Anda terhadap pendapat yang menyatakan bahwa Pancasila lahir pada tanggal 1 Juni 1945? Jelaskan!
    b. Secara yuridis, rumusan Pancasila yang manakah berlaku sampai hari ini dan seterusnya? Berikan jawaban secara singkat, padat dalam argumentatif!
  2. Pembukaan UUD 1945 berkedudukan sebagai Staat Fundamental Norm (Norma Dasar Negara).
    a. Jelaskan secara substansif dari makna pembukaan UUD 1945 sebagai norma dasar negara Republik Indonesia!
    b. Bagaimana relasi Pancasila dasar negara dengan pembukaan UUD 1945? Jelaskan secara singkat!
    c. Mengapa pembukaan UUD 1945 tabu untuk dilakukan perubahan? Jelaskan argumen Anda!
    d. Sebut dan jelaskan pokok-pokok pikiran utama yang terdapar dalam pembukaan UUD 1945!
  3. Ideologi dapat berfungsi sebagai kekuatan pengendali konflik dan sekaligus fungsi integratif (faktor pemersatu).
    a. Dapatkan ideologi Pancasila berfungsi sebagai faktor pengendali konflik dan fungsi integratif bagi bangsa Indonesia? Jelaskan!
    b. Berikan deskripsi perbandingan antara ideologi Pancasila dengan ideologi sosialis, komunis, liberal kapitalis, dan ideologi agama!
    c. Mengapa ideologi ISIS bertentangan dengan kepribadian bangsa Indonesia?
    d. Ideologi Pancasila berpeluang menjadi ideologi masyarakat global. Mengapa? Jelaskan!
  4. Pancasila sebagai paradigma pengembangan kehidupan beragama.
    a. Jelaskan apa makna dari pengertian Pancasila sebagai paradigma pengembangan kehidupan beragama di Indonesia?
    b. Bagaimana bentuk suplementasi Pancasila sebagai paradigma pengembangan kehidupan beragama? Jelaskan!
  5. Tertib sosial dan keteraturan hidup bersama.
    a. Bagaimana keadaan penegak hukum di Indonesia dilihat dari perspektif Pancasila dewasa ini? Jelaskan!
    b. Berikan contoh sekurang-kurangnya lima kejadian yang menunjukkan bahwa penegakan hukum di Indonesia belum sesuai atau sejalan dengan Pancasila sebagai etika penegakan hukum!

Contoh Soal UAS PLH Unnes

Soal Ujian Akhir Semester Tahun 2015/2016

Pendidikan Lingkungan Hidup

 

  1. Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) merupakan mata kuliah umum yang harus diikuti oleh semua mahasiswa Unnes semester 3 ke atas.
    a. Jelaskan tujuan mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup!
    b. Apa yang sudah Anda laksanakan untuk mendukung tujuan mata kuliah PLH?
    c. Apa manfaat yang Anda peroleh setelah mengikuti mata kuliah PLH?
  2. Berbagai permasalahan lingkungan terjadi di beberapa daerah, baik di tingkat lokal, nasional, dan global. Salah satu dampak perubahan iklim yaitu jatuhnya gumpalan awan di India, musim kemarau dan musim hujan yang tidak menentu.
    a. Berikan deskripsi salah satu masalah lingkungan hidup! Bagaimana cara-cara untuk mengantisipasi hal tersebut.
    b. Jelaskan keanekaragaman hayati yang ada di kebun wisata pendidikan Unnes!
    c. Apa yang dapat Anda sumbangkan untuk mendukung konservasi di Unnes andaikata Anda terpilih menjadi Duta Unnes tentang konservasi?
  3. Saudara mahasiswa Unnes, calon sarjana, dan apabila nanti Anda lulus akan menjadi alumni Unnes.
    a. Sebutkan 7 pilar konservasi Unnes! Perilaku konservasi apa saja yang sudah Anda lalukan dalam kehidupan sehari-hari?
    b. Bagaimana cara Anda (menjadi alumni) menyebarluaskan perilaku konservasi dalam kehidupan bermasyarakat? Jelaskan dengan contoh!
    c. Menanam merupakan bentuk perilaku konservasi, termasuk dalam pilar yang mana kegiatan tersebut? Apakah Anda sudah ikut gerakan menanam pohon? Coba deskripsikan!
  4. Sampah sudah menjadi masalah nasional, kontribusi Unnes memiliki rumah kompos.
    a. Apakah Anda pernah berkunjung ke rumah kompos Unnes? Dekripsikan kegiatan membuat kompos di rumah kompos Unnes!
    b. Apakah Anda sudah menyediakan tempat sampah yang dibedakan berdasarkan sifat (organik dan anorganik) di rumah/kos?
    c. Bagaimana sikap Anda apabila mengetahui ada mahasiswa Unnes membuang sampah di sembarang tempat? Rencana apa yang Anda sumbangkan untuk membantu menangani hal tersebut?

Contoh Soal UAS Pkn Unnes

Soal Ujian Akhir Semester Tahun 2015/2016

Pendidikan Kewarganegaraan

 

  1. Hak asasi manusia adalah hak kodrat manusia yang bersifat universal dan abadi sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa.
    a. Sebutkan peraturan perundang-undangan sebagai dasar pengakuan. Penjaminan, dan penegakan HAM di Indonesia!
    b. Mengapa penegakan HAM harus berbanding lurus dengan penegakan demokrasi? Jelaskan!
  2. Bela negara merupakan hak sekaligus kewajiban warga negara.
    a. Sebutkan peraturan perundang-undangan sebagai dasar pelaksanaan bela negara!
    b. Kemukakan alasan pemikiran Anda. Mengapa warga negara Indonesia wajib turut serta dalam upaya bela negara? Berikan contoh implementasinya!
  3. Indonesia adalah negara demokrasi.
    a. Sebutkan peraturan perundang-undangan sebagai dasar pelaksanaan demokrasi di Indonesia!
    b. Sebutkan indikator adanya kehidupan berdemokrasi dan buatlah analisis singkat pelaksanaan pilkada serentak tahun 2015 berdasar indikator tersebut!
  4. Sumber daya alam (SDA) adalah salah satu modal dasar pembangunan nasional.
    a. Sebutkan pasal dari UUD 1945 yang mengatur tentang sumber daya alam!
    b. Apa yang Anda ketahui tentang kasus “papa minta saham” yang menyebabkan Ketua DPR mengundurkan diri. Berikanlah pendapat dan solusi pengelolaan SDA!
  5. Program pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla berdasar pada filsafat politik Tri Sakti Bung Karno dan Nawa Cita.
    a. Sebut dan jelaskan apa yang dimaksud Tri Sakti Bung Karno!
    b. Sebutkan isi Nawa Cita!

 

Contoh Soal UAS Agama Islam Unnes

Soal Ujian Akhir Semester Tahun 2014/2015

Pendidikan Agama Islam

 

  1. Dalam Q.S. 51:56 Allah SWT menjelaskan: “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”. Jelaskan aktualisasi ayat tersebut dalam konteks peran dan tanggung jawab manusia sebagai khalifah di muka bumi dan sebagai hamba Allah SWT. Berikan contohnya!
  2. Di kalangan umat Islam seringkali terjadi perselisihan pendapat mengenai berbagai hal, seperti penentuan awal Ramadan, antara qunut dan tidak qunut pada salat Subuh, jumlah rakaat salat tarawih dan sebagainya, yang tidak jarang menimbulkan konflik yang berkepanjangan bahkan permusuhan. Sebagai seorang muslim/muslimah, bagaimana saudara menyikapi hal tersebut? Jelaskan disertai argumentasi!
  3. Kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) berdampak besar terhadap terjadinya pergeseran nilai/norma yang berlaku di masyarakat bahkan berdampak pula dalam bidang keagamaan. Jelaskan pandangan saudara (disertai argumentasi) mengenai hal-hal di bawah ini:
    a. Jual beli online
    b. Operasi transgender
    c. Penggunaan alat-alat kontrasepsi
    d. Kloning pada manusia
  4. Di sisi lain, kemajuan IPTEKS juga berdampak terhadap terjadinya kerusakan alam. Jelaskan secara singkat konsep Islam mengenai konservasi!

 

Previous Older Entries