Contoh Soal UAS BK Unnes

Soal Ujian Akhir Semester Tahun 2015/2016

Bimbingan Konseling

 

  1. Dewasa ini di sekolah-sekolah banyak terjadi malpraktik yang disebabkan oleh miskonsepsi tentang bimbingan konseling.
    a. Berikan contoh beberapa contoh malpraktik yang disebabkan oleh miskonsepsi tentang BK di sekolah tersebut!
    b. Jika selama ini banyak terjadi miskonsepsi, lalu menurut pendapat Anda bagaimanakah pengertian bimbingan dan konseling yang sesungguhnya?
  2. Ada beberapa asas bimbingan dan konseling di sekolah yang harus diacu dalam penyelenggaraan pelayanannya.
    a. Sebut dan jelaskan asas-asas bimbingan dan kosneling tersebut!
    b. Kemukakan contoh penerapan minimal 5 asas bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah!
  3. Salah satu faktor yang melatarbelakangi penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah adalah faktor budaya.
    a. Jelaskan mengapa faktor sosial budaya melatarbelakangi penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah!
    b. Sebutkan indikator faktor sosial budaya apa sajakah yang langsung berhubungan dengan urgensi/pentingnya bimbingan dan konseling diselenggarakan di sekolah!
  4. Dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah terdapat tiga pola, yaitu: generalis, spesialis, dan kurikuler.
    a. Jelaskan perbedaan masing-masing pola tersebut!
    b. Menurut Anda sebaiknya pola manakah yang tepat untuk diterapkan di sekolah menengah? Jelaskan alasan Anda!
  5. Berikan bentuk atau contoh kerja sama yang bisa dilakukan oleh guru mapel atau rekan sejawat dengan guru pembimbing atau konselor di sekolah dalam melaksanakan pelayanan kepada siswa!
  6. Konselor di Indonesia pada dasarnya hanya menangani masalah anak di sekolah baik yang bersumber dari sekolah maupun dari luar sekolah. Seandainya menangani masyarakat luaspun masih saja terbatas pada masalah-masalah yang berkaitan dengan pendidikan. Jelaskan batasan masalah-masalah yang masih dalam ruang lingkup kerja bimbingan dan konseling!
  7. Perayaan kelulusan siswa dengan perilaku corat coret seragam sekolah dan pawai dianggap sebagai kebiasaan yang trend.
    a. Uraikan kayanan dan kegiatan BK yang diberikan untuk mengantisipasi kondisi tersebut!
    b. Kemukakan peran Anda sebagai calon guru dikaitkan dengan kondisi tersebut!
  8. Fenomena penelantaran anak yang dilakukan oleh orang tua menjadi tanggung jawab para praktisi pendidikan.
    a. Identifikasilah fungsi BK jika dihadapkan dalam permasalahan tersebut!
    b. Uraikanlah perencanaan pelayanan bantuan yang dapat diberikan sekolah dikaitkan dengan BK komprehensif.
  9. Pada pola 17 plus yang dewasa ini diterapkan di sekolah-sekolah terdapat beberapa bidang, jenis layanan, dan kegiatan pendukung.
    a. Gambarkan bagan pola 17 plus dan beri keterangan seperlunya!
    b. Tunjukkan pada jenis layanan dan kegiatan pendukung manakah seorang guru mata pelajaran dapat berperan serta di dalamnya!

2 Komentar (+add yours?)

  1. Isnanda Elok
    Des 30, 2016 @ 15:25:12

    arigatou senpai ^^

    Balas

Tinggalkan komentar